Close

Kotak hitam pada kemasan obat

semangat pagi!

ketika teman-teman mengonsumsi obat yang ada logo lingkaran birunya (obat bebas terbatas, misal paramex), pernahkan melihat kotak warna hitam bertuliskan P.no 1. awas obat keras,dst….. ? atau di akhir iklan obat di televisi pas ada bunyi “bila sakit berlanjut hubungi dokter” itu pasti ada gambar kotak hitam. apa sih dari tadi kok bahas kotak hitam? hehehe… itu lho. tanda peringatan obat bebas terbatas.

Menurut SK menkes no 2380 tahun 1983 pada kemasan obat bebas terbatas selalu tercantum tanda peringatan, berupa empat persegi panjang berwarna hitam berukuran panjang 5 (lima) centimeter, lebar 2 (dua) centimeter dan memuat pemberitahuan berwarna putih sebagai berikut :

P. NO.1 Awas ! Obat Keras Bacalah aturan memakainya.
Contoh : Tablet CTM (Anti Histamin)

P. NO. 2 Awas ! Obat Keras Hanya untuk kumur, jangan ditelan.
Contoh :  Listerin obat kumur

P. NO. 3 Awas ! Obat Keras Hanya untuk bagian luar dari badan.
Contoh : salep

P. NO. 4 Awas ! Obat Keras Hanya untuk dibakar.
Contoh :
a) Molexdine : Untuk sterilisasi kulit dan selaput lender antiseptic sebelum dan sesudah oprasi infeksi kulit oleh jamur virus, protozoa, luka bakar, khitanan, perawatan tali pusar dan kompres luka
b) Neoidoine : Untuk luka bakar, luka bernanah, antiseptic pra dan pasca bedah, infeksii kulit karena jamur, kandidiasis, moniliasis, dan vaginitis.
c) Rokok Asthma : obat asthma
d) Decoderm : Unuk eksim, dermatitis, alergi kontak gigitan serangga, luka bakar karena sinar matahari, psoriasis vulgaris.

P. NO. 5 Awas ! Obat Keras Tidak boleh ditelan.
Contoh :
a) Bufacetin : Untuk infeksi kulit yang disebapkan bakteri gram positif dan negative khususnya yang sensitive terhadap kloramfenikol.
b) AZA : Untuk pengobatan aknevulgaris ringan sampai dengan sedang

P. NO. 6 Awas ! Obat Keras obat wasir , jangan ditelan.
Contoh :
Ambeven : Untuk pengobatan wasir interna dan eksterna dengan gejala nyeri, bengkak, dan pendarahan

nah,itu sedikit ulasan mengenai tanda peringatan obat. jadi kemasan obat bukan cuma cantik warnanya tapi juga mengandung unsur peringatan bagi konsumen. semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Unyun Apt | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.
Skip to toolbar